Senin, 15 April 2013

WASPADA DOSA DZALIM



Alhamdulillah bisa diberi kesempatan untuk ikut bedah buku dosa investasi , buku bagus banget merinding kalo bacanya . Em Bedah buku kemarin teryata materiny belum selesai akan dilanjut di gelombang 2 tanggal 18   maret 2013 di aula rumah tafidQ deresan depan masjid nurul asri jogja .

Ada 3 dosa yang dibahas di acara bedah buku kemarin pertama dosa karena kesalahan sendiri (ini yang sering dibahas sama ustad2 dipengajian) dosa menzalimi diri sendiri dan dosa kita kepada Allah .

Dosa kedua karena kesalahan kita kepada orang lain , (jarang dibahsa ustad saat jumatan) ,salah satu sample pembahasan adalah hadis dibawah ini . 

Saya baru ngeh kenpa Amirul Mukminin waktu dulu sangat takut kalo ada yang terzalimi oleh kekuasaannya , bayangkan saja ya dibanding orang zaman sekarang udah pada gak takut dosa kali ya .

 Misal nih pak Lurah korupsi nanti pas hari kiamat  itu orang- orang yang pernah diambil haknya akan menuntut kalo dilkelurahan ada 10.000 orang bayangkan. Itu baru level kelurahan belum level bupati atau para angota dewan dll akan bertanggung jawab menjalimi Miliyaran orang yang dipimpinya kalo misal korupsi.

Belum lagi pemimpin yang sengaja memuluskan jalan Riba, memuluskan jalan agar sumber daya alam di negeri ini dikuasai asing dan para rakyat sengsanra kalikan berapa mereka zalim kepada orang lain.

Hati -hati kezaliman kepada orang lain  



Dari Abi Hurairah r.a, Nabi SAW bersabda: “Tahukah kamu siapa yang  bangkrut itu?, mereka (sahabat) berkata: “Ya Rasulullah, orang yang  bangkrut menurut kami ialah orang yang tidak punya kesenangan dan uang“  (kemudian) Rasulullah menjawab: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari  umatku ialah orang yang datang (pada hari kiamat) membawa pahala  sholat, zakat, puasa dan haji. Sedang (ia) pun datang (dengan membawa  dosa) karena memaki-maki orang, memukul orang, dan mengambil harta  benda orang (hak–hak orang), maka kebaikan-kebaikan orang (yang  menzalimi) itu diambil untuk diberikan kepada orang-orang yang  terzalimi. Maka tatkala kebaikan orang (yang menzalimi) itu habis,  sedang hutang (kezalimannya) belum terbayarkan, maka diambilkan kajahatan-kejahatan dari mereka (yang terzalimi) untuk di berikan  kepadanya (yang menzalimi), kemudian ia (yang menzalimi) dilemparkankedalam neraka (HR. Muslim)

Waspadalah sungguh-sungguh terhadap kezaliman itu. Karena orang yang datang dengan kebaikan-kebaikannya di Hari Kiamat, dan ia mengira bahwa kebaikan-kebaikannya itu akan menyelamatkannya. Tiba-tiba tidak putus-putus datang pengaduan dari orang lain, yang mengadukan: “Ya Allah! Hamba-Mu itu telah melakukan kezaliman padaku.” Maka firman Allah:“Hapuskan (kurangkan) bagian pahala dari kebaikannya itu”. Dan begitulah seterusnya sampai tidak tersisa kebaikannya itu walau sedikit pun. Dan apabila sdh tidak tersisa lagi amal kebaikannya, maka dosa-dosa orang yang pernah dizaliminya, akan dibebankan pada dirinya.

dosa ketiga belum dibahas karena waktu habis ditunggu di aula rumah tahfidzQ deresan masjid nurul asri jgja.



malamnya saya langusng diajak teman Dhika dari makelar sedekah untuk ikut sharing bersama juragan bubur syriafah di Rumah Tahfidz Lansia  Makelar sedekah jalan paris jogja. 

Sampai disana banyak ilmu lagi yang saya dapat tentang Tauhid salah satunya kadang kita sering menuhankan kemampuan kita sendiri, kepintaran kita , kita mengaggap dengan bisnis kita bisa dapat rizki. 

Padahali nih ya sebenernya yang kasih rizki itu Allah tapi kita kadang ujub dan salah niat atau riya yang menyebabkan tauhid kita kurang pas malah awas -awas bisa syirik.

Rizki itu milik Allah , bukan karena brosur, karena bisnis, karena orang lain, Allah yang mengatur , yang cicak  makanannya  terbang alias nyamuk pasti makan apalagi kita .

Ilmu kedua tentang rumus  TOP 3. Kalau mau dapat rizki dari Allah harus banyak -banyak ngamal sholeh dan jauhi maksiat dan mendzolimi orang lain.

Rumus 1. Sholat Tepat waktu 
Rumus ke 2. Berbakti Kepada Orang Lain
Rumus ke 3. Berjuang di jalan Allah atau jihad Fisabilillah 

setelah saya ingat -ingat oh iya ini hadis 

 Abdullah (bin Mas’ud) RA berkata, “Saya bertanya kepada Nabi, ‘Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah?’ (Dalam satu riwayat: yang lebih utama) Beliau bersabda, Shalat pada waktunya’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau bersabda, ‘Berbakti kepada kedua orang tua. Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi’? Beliau bersabda, ‘Jihad (berjuang) di jalan Allah.” Ia berkata, “Beliau menceritakan kepadaku. (Dalam satu riwayat: “Saya berdiam diri dari Rasulullah.”) Seandainya saya meminta tambah, niscaya beliau menambahkannya.” (H.R. Bukhari, hadits Shahih dan terdapat di dalam Shahih Bukhari)

Amalan yang paling dicintai Allah , kalo mau dicintai Allah ya kita harus amalkan amal sholeh ini, kalo Allah udah cinta ama hambanya insya Allah doa kita akan terkabul .

Tapi hati -hati dengan keinginanmu belum tentu baik menurut Allah , Allah tahu yang terbaik untuk hamba- hambanya.

Mas Firli juga bercerita kalo mas jodi waroeng stik juga punya amalan yaitu sedekah - duha - dan Al Quran. 

Terus mas firli juga memberi inspirasi kalo mau dapat amalan yang mengalir terus besok yang duduk diacara ini harus maju kedepan mengajar / jadi pembicara disini.  

Salah satu dari amalan jariah yang pahalanya mengalir walau kita mati meninggal adalah ilmu yang bermanfaat moga lewat tulisan ini bisa bermanfaat buat sahabat semua.

Yuk kita Belajar dan Mengajar eh iya satu lagi mari kita doakan pemimpin kita agar dapat rahmat dan hidayah agar taubat jangan malah kita caci maki, pemimpin kita yang masih islam itu juga banyak yang muslim masih saudara dengan kita , mari kita doakan jangan diacaci maki nanti pahala kita malah berkurang loh. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar