Senin, 15 April 2013

Menyeru lewat musik harmoni 2012








Perkembangan musik begitu pesatnya dan sangat berpengaruh pada peradaban manusia yang akhirnya melahirkan banyak variasi dari rock in rool, pop, hip-hop , dangdut, jazz dan masih banyak lagi aliran musik didunia.

Di Indonesia sendiri Musik hampir menjadi kebutuhan apalagi dikalangan remaja , seiring dengan perkembangan dunia musik , musik-musik seni islam pun semakin berkembang dan dikemas secara keren dan disukai banyak orang.




Misal saja Justice Voice yang berhasil mengemas nasyidnya secara kreatif dan inovatif, ada juga opick memang bukan dari jenis nasyid tapi karena lirik-liriknya yang kuat dipadu aransemen yang enak membuat lagu ini cocok dan disukai semua kalangan dari remaja hingga dewasa. Masih banyak contoh nasyid yang keren seperti Snada, Fatih, Ed Coustic, Gradasi, AL Veoli, dan masih banyak lagi.

Nasyid adalah salah satu seni musik dalam bidang seni suara.Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para Nabi memuji Allah , dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela dengan hanya diiringi gendang.




Sejarah Nasyid
Nasyid dipercaya sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad.Syair thola’al badru ‘alaina (yang artinya telah muncul rembulan di tengah kami)yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta’lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah. Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang banyak mengumandangkan pesan jihad maupun perlawanan terhadap imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi oleh situasi politik yang ada saat itu.




Nasyid indonesia

Nasyid mulai masuk ke Indonesia sekitar era tahun 80-an. Perkembangannya pada awalnya dipelopori oleh aktivis-aktivis kajian Islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus pada masa itu. Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas (tidak hanya tema syahid dan jihad). Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.

Dengan adanya wadah Asosiasi nasyid Nusantara (ANN) jiga sebagai wadah yang cukup bagus untuk mewadahi perkembangan nasyid di Indonesia agara lebih jaya dalam menyewrukan ajakan kenaikan, yuk sahabat flipper mari bersama kita lestarikan budaya Nasyid biar tambah asyik dan menajdi trendsenter remaja muslim indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar