Minggu, 05 Oktober 2014

Musafir Trans 7 (Nabi Yahya AS Buah Keimanan dan Doa) 03-07-2014

KISAH UNTA BETINA NABI SALEH

KISAH UNTA BETINA NABI SALEH

Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu. Maka, biarkanlah dia makan di bumi Allah dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih. (QS. Al-A'raaf: 73)

Di kalangan kaum Tsamud tersebutlah seorang remaja bernama Saleh. Ia adalah pengikut ajaran Nabi Nuh dan Nabi Hud. Saleh merasa sedih melihat kebodohan kaumnya. Mereka menganggap berhala sebagai tuhan. Padahal berhala itu dibuat tangan mereka sendiri. Saleh berdoa kepada Allah mohon diberi kekuatan untuk mendakwahi mereka.

Setelah Saleh dewasa, Allah mengangkatnya menjadi nabi. Ia mendapat tugas mendakwahi kaum Tsamud agar mereka beriman kepada Allah. Nabi Saleh mendatangi pemimpin kaum Tsamud.
"Hai Saleh, ada keperluan apa engkau datang kemari?" tanya pemimpin kaum Tsamud.
"Aku ingin menyampaikan sesuatu kepada kalian. Kumpulkanlah semua kaummu di lapangan yang luas besok hari!" kata Nabi Saleh.

Keesokan harinya, berkumpullah kaum Tsamud ingin mendengarkan apa yang akan disampaikan Nabi Saleh. Nabi Saleh naik ke tempat yang cukup tinggi, kemudian berkata, "Wahai kaumku, aku adalah seorang nabi utusan Allah. Aku diutus untuk mengajak kalian beriman kepada Allah. Allahlah yang harus kita sembah bukan berhala."

"Hai Saleh, betapa beraninya engkau melarang kami menyembah berhla!" kata mereka.
"Wahai kaumku, apakah kalian tidak berpikir bahwa berhala yang kalian sembah itu hanyalah sebongkah batu yang kalian buat sendiri?" tanya Nabi Saleh. Pertanyaan ini membuat kaum Tsamud diam membisu. Hati mereka sesungguhnya membenarkan apa yang dikatakan Nabi Saleh.

"Hai Saleh, jika engkau memang seorang nabi utusan Allah, apa buktinya?" tanya mereka.
"Kalau itu yang kalian inginkan, aku akan meminta mukjizat kepada Allah. Namun, kalian harus berjanji akan taat dan mengikuti ajaranku," kata Nabi Saleh.
"Kami berjanji akan mengikuti ajaranmu," kata mereka.

Nabi Saleh mendapat petunjuk Allah untuk membawa kaumnya ke suatu gunung. Sesampainya di tempat yang ditujum Nabi Saleh berkata,"Wahai kaumku, kalian nanti akan melihat seekor unta keluar dari puncak gunung. Setelah itu, kalian harus taat kepadaku sebagaimana yang kalian janjikan."
Mereka menantikan munculnya unta yang dijanjikan Nabi Saleh. Tiba-tiba terdengarlah suara menggelegar yang berasal dari bebatuan terbelah. Bersamaan dengan itu keluarlah seekor unta betina yang cantik.

"Wahai kaumku, tidak seorang pun dapat menciptakan unta betina itu kecuali Allah. Biarkanlah unta itu untuk makan dan minum dari sumur kalian. Jika kalian sampai mengganggunya apalagi menyembelihnya, Allah akan menurunkan siksanya kepada kalian," kata Nabi Saleh.
"Hai Saleh, sekarang kami percaya bahwa engkau seorang nabi utusan Allah. Kami beriman kepada Allah dan akan mengikuti ajaranmu. Kami pun tidak akan mengganggu untamu itu," kata sebagian kecil dari kaum Tsamud.

Adapun pemimpin kaum Tsamud beserta sebagian besar pengikutnya tetap tidak mau beriman. Mereka menganggap bahwa peristiwa keluarnya unta dari celah batu itu merupakan sihir yang dilakukan Nabi Saleh.

Unta betina Nabi Saleh tidaklah seperti unta kebanyakan, yang bebas berjalan ke mana-mana. Tidak seorangpun yang berani mendekatinya. Jika unta ini menggerakkan kepala atau ekor saja, semua orang akan mundur ke belakang. Seorang anak pemberani mencoba mendekatiku. Sang unta lalu menundukkan kepada dan mendekatkannya kepada anak itu. Anak itu mulai mengusap-usap kepala sang unta. Apa yang dilakukan oleh anak itu menghilangkan ketakutan orang-orang kepada unta tersebut. Mereka mulai berani mengusap-usap tubuh sang unta.

Kaum Tsamud pun meminta,"Hai Saleh, kami ingin mengambil manfaat dari susu unta betina milik Allah itu. Barangkali saja air susu ini penuh berkah."

Nabi Saleh mengizinkan mereka memerah susu unta itu. Air susu unta menjadi sumber minuman bagi kaum Tsamud yang tidak pernah habis-habisnya. Dari air susu unta itu dibuatlah menjadi keju, mentega, dan minyak. Kaum Tsamud menyayangi unta itu karena unta itu menjadi sumber makanan dan minuman mereka.

Sejak ada unta tersebut, orang-orang yang menjadi pengikut Nabi Saleh semakin bertambah. Hal itu membuat pemimpin kaum Tsamud marah. "Selama ada unta betina itu orang-orang akan teringat kepada mukjizat Allah. Karena itu, pengikut Nabi Saleh pasti akan terus bertambah. Jika kita tidak membunuh unta betina itu, kita akan kehilangan pengikut."

Akhirnya, mereka memutuskan untuk membunuh unta itu. Diadakanlah sayembara, bagi yang berani membunuh unta nabi Saleh, akan dinikahkan dengan gadis-gadis cantik putri pemimpin kaum Tsamud.
Hanya dua orang pemuda bernama Gudar dan Mushada yang berani mengikuti sayembara itu. Ketika unta itu sedang berjalan menuju sebuah sumur untuk minum, Gudar dan Mushada melihatnya. Unta pun berlari menjauhi mereka berdua. Namun, Mushada berhasil memanah kaki unta hingga unta tidak bisa berjalan. Lalu, Gudar melepaskan pedangnya pada leher unta. Unta merasa, mungkin inilah saat kematiannya.

"Ah, ternyata apa yang dikatakan Nabi Saleh hanya dusta belaka. Buktinya tidak terjadi apa-apa setelah unta betina itu kita bunuh,"kata Gudar kepada Mushada.

Pemimpin kaum Tsamud mengelu-elukan Gudar dan Mushada. ia pun segera menikahkan Gudar dan Mushada kepada anak gadisnya.

Nabi Saleh marah, mengetahui untanya dibunuh. "Tunggulah azab Allah yang telah dijanjikan. Bersenang-senanglah kalian selama tiga hari. Setelah itu, Allah akan membinasakan kalian semua."
Penangguhan waktu yang diberikan Nabi Saleh selama tiga hari adalah untuk memberi kesempatan kepada kaum Tsamud bertobat. tetapi, kesempatan itu malah digunakan mereka untuk menyusun rencana membunuh Nabi Saleh dan pengikutnya.

Sebelum mereka melaksanakan niat jahatnya itu Allah menurunkan azab-Nya. "Dan satu suara keras yang mengguntur menimpa orang yang zalim. Mereka mati bergelimpangan di rumahnya. Seolah-olah mereka belum pernah tinggal di tempat itu. Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah kebinasaan bagi kaum Tsamud." (QS. Huud: 67-68).

Nabi Saleh dan para pengikutnya kemudian tinggal di Ramlah, Palestina. Beliau meneruskan dakwahnya mengajak umat manusia agar beriman kepada Allah.

Disadur dari Al-Quran Menyebut Namaku oleh Hedi Fajar R.

Musafir Trans 7 (Nabi Hud AS dan Pengkhianatan Kaum Ad'




Inilah 12 Kaum yang Dibinasakan Allah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Syahruddin El-Fikri
Dalam Alquran, banyak sekali diceritakan kisah-kisah umat terdahulu yang telah dibinasakan oleh Allah karena mereka mengingkari utusan-Nya dan melakukan berbagai penyimpangan yang telah dilarang. Berikut adalah kaum-kaum yang dibinasakan.

Kaum Nabi Nuh
Nabi Nuh berdakwah selama 950 tahun, namun yang beriman hanyalah sekitar 80 orang. Kaumnya mendustakan dan memperolok-olok Nabi Nuh. Lalu, Allah mendatangkan banjir yang besar, kemudian menenggelamkan mereka yang ingkar, termasuk anak dan istri Nabi Nuh (QS Al-Ankabut : 14).

Kaum Nabi Hud
Nabi Hud diutus untuk kaum 'Ad. Mereka mendustakan kenabian Nabi Hud. Allah lalu mendatangkan angin yang dahsyat disertai dengan bunyi guruh yang menggelegar hingga mereka tertimbun pasir dan akhirnya binasa (QS Attaubah: 70, Alqamar: 18, Fushshilat: 13, Annajm: 50, Qaaf: 13).

Kaum Nabi Saleh
Nabi Saleh diutuskan Allah kepada kaum Tsamud. Nabi Saleh diberi sebuah mukjizat seekor unta betina yang keluar dari celah batu. Namun, mereka membunuh unta betina tersebut sehingga Allah menimpakan azab kepada mereka (QS ALhijr: 80, Huud: 68, Qaaf: 12).

Kaum Nabi Luth
Umat Nabi Luth terkenal dengan perbuatan menyimpang, yaitu hanya mau menikah dengan pasangan sesama jenis (homoseksual dan lesbian). Kendati sudah diberi peringatan, mereka tak mau bertobat. Allah akhirnya memberikan azab kepada mereka berupa gempa bumi yang dahsyat disertai angin kencang dan hujan batu sehingga hancurlah rumah-rumah mereka. Dan, kaum Nabi Luth ini akhirnya tertimbun di bawah reruntuhan rumah mereka sendiri (QS Alsyu'araa: 160, Annaml: 54, Alhijr: 67, Alfurqan: 38, Qaf: 12).

Kaum Nabi Syuaib
Nabi Syuaib diutuskan kepada kaum Madyan. Kaum Madyan ini dihancurkan oleh Allah karena mereka suka melakukan penipuan dan kecurangan dalam perdagangan. Bila membeli, mereka minta dilebihkan dan bila menjual selalu mengurangi. Allah pun mengazab mereka berupa hawa panas yang teramat sangat. Kendati mereka berlindung di tempat yang teduh, hal itu tak mampu melepaskan rasa panas. Akhirnya, mereka binasa (QS Attaubah: 70, Alhijr: 78, Thaaha: 40, dan Alhajj: 44).

Selain kepada kaum Madyan, Nabi Syuaib juga diutus kepada penduduk Aikah. Mereka menyembah sebidang padang tanah yang pepohonannya sangat rimbun. Kaum ini menurut sebagian ahli tafsir disebut pula dengan penyembah hutan lebat (Aikah) (QS AlHijr: 78, Alsyu'araa: 176, Shaad: 13, Qaaf: 14).

Firaun
Kaum Bani Israil sering ditindas oleh Firaun. Allah mengutus Nabi Musa dan Harun untuk memperingatkan Firaun akan azab Allah. Namun, Firaun malah mengaku sebagai tuhan. Ia akhirnya tewas di Laut Merah dan jasadnya berhasil diselamatkan. Hingga kini masih bisa disaksikan di museum mumi di Mesir (Albaqarah: 50 dan Yunus: 92).

Ashab Al-Sabt
Mereka adalah segolongan fasik yang tinggal di Kota Eliah, Elat (Palestina). Mereka melanggar perintah Allah untuk beribadah pada hari Sabtu. Allah menguji mereka dengan memberikan ikan yang banyak pada hari Sabtu dan tidak ada ikan pada hari lainnya. Mereka meminta rasul Allah untuk mengalihkan ibadah pada hari lain, selain Sabtu. Mereka akhirnya dibinasakan dengan dilaknat Allah menjadi kera yang hina (QS Al-A'raaf: 163).

Ashab Al-Rass
Rass adalah nama sebuah telaga yang kering airnya. Nama Al-Rass ditujukan pada suatu kaum. Konon, nabi yang diutus kepada mereka adalah Nabi Saleh. Namun, ada pula yang menyebutkan Nabi Syuaib. Sementara itu, yang lainnya menyebutkan, utusan itu bernama Handzalah bin Shinwan (adapula yang menyebut bin Shofwan). Mereka menyembah patung. Ada pula yang menyebutkan, pelanggaran yang mereka lakukan karena mencampakkan utusan yang dikirim kepada mereka ke dalam sumur sehingga mereka dibinasakan Allah (Qs Alfurqan: 38 dan Qaf ayat 12).

Ashab Al-Ukhdudd
Ashab Al-Ukhdud adalah sebuah kaum yang menggali parit dan menolak beriman kepada Allah, termasuk rajanya. Sementara itu, sekelompok orang yang beriman diceburkan ke dalam parit yang telah dibakar, termasuk seorang wanita yanga tengah menggendong seorang bayi. Mereka dikutuk oleh Allah SWT (QS Alburuuj: 4-9).

Ashab Al-Qaryah
Menurut sebagian ahli tafsir, Ashab Al-Qaryah (suatu negeri) adalah penduduk Anthakiyah. Mereka mendustakan rasul-rasul yang diutus kepada mereka. Allah membinasakan mereka dengan sebuah suara yang sangat keras (QS Yaasiin: 13).

Kaum Tubba'
Tubaa' adalah nama seorang raja bangsa Himyar yang beriman. Namun, kaumnya sangat ingkar kepada Allah hingga melampaui batas. Maka, Allah menimpakan azab kepada mereka hingga binasa. Peradaban mereka sangat maju. Salah satunya adalah bendungan air (QS Addukhan: 37).

Kaum Saba
Mereka diberi berbagai kenikmatan berupa kebun-kebun yang ditumbuhi pepohonan untuk kemakmuran rakyat Saba. Karena mereka enggan beribadah kepada Allah walau sudah diperingatkan oleh Nabi Sulaiman, akhirnya Allah menghancurkan bendungan Ma'rib dengan banjir besar (Al-Arim) (QS Saba: 15-19).  

Jumat, 26 September 2014

Nikah-nikah bathukmu sempal

[KHUSUS JOMBLO HARUS BACA]

Khusus bujanghidin 

soal nikah ..

Simak yah twit racun dari seorang Ippho berikut ini!
—————-
1. Menikah itu mengundang rezeki, menentramkan hati & memelihara diri.
Kurang apalagi? Udah, #NikahSana

2. Si jomblo sering menghibur diri “Akan indah pada waktunya”
Padahal gundah sepanjang waktunya hehe. Udah,#NikahSana 

3. Pengen pernikahan & rumahtangga yang berkah? Jangan awali dgn fase yang nggak berkah,
misal pacaran. Mending#NikahSana

4. Menunda-nunda menikah, katanya mencari yang ideal.
Yah mana ada! Lihat saja dirimu, apa ideal? Udah deh,#NikahSana 

5. Pacaran 10 tahun, emang KPR? Tunangan 2 tahun,
emang leasing? Mending#NikahSana 

6. Segerain, sederhanain. Kalau prinsipnya begini,
jadi tuh nikah insyaAllah. Buruan gih#NikahSana 

7. KUA = Kau Untukku Ajah… Udah, berhenti cengengesan.
Mending lamaran NikahSana 

8. “Kalau dah jodoh, gak akan kemana. Ntar ketemu jg di resepsi” Iya sih,
tapi sbg tamu Udah deh, lamaran & #NikahSana


9. “Mau nikah, tapi nggak punya modal.” Kayak beli franchise aja,
pake modal segala. Udah deh, #NikahSana


10. Pemain badminton ada pasangannya. Sandal jepit ada pasangannya.
Truk ada gandengannya. Situ? Makanya #NikahSana 


11. “Mau nikah, tapi nunggu mapan dulu” Lha kalau mapannya di usia 70,
apa iya mau nikah di usia 72? Udah deh, #NikahSana

12.”Mau nikah tp nunggu hari baik” Semua hari itu baik! Hari kiamat aja yg nggak bisa,
penghulunya entah kemana! #NikahSana

13. Adat & gengsi dalam resepsi, kalau diturutin nggak ada habis2nya.
Mending sederhanain, segerain, jadiin. #NikahSana 

14. “Mau nikah, tapi nunggu kakak nikah dulu” Lha kalau dia nikah 5 tahun lagi,
emang situ mau nunggu? Udah, #NikahSana:)

15. “Mau nikah, tp belum ada jodohnya” Mungkin BUKAN jodoh kita yg belum ada.
Tp kepantasan kita yg belum ada.#NikahSana

16. Pria serius & bertanggungjawab akan menentukan tanggal lamaran.
Pria lain? Bertele-tele dgn pacaran. Udah, #NikahSana

17. Iklan deterjen “Tidak ada noda, tidak belajar” Wahai wanita,
jangan pakai slogan ini dlm hidupmu. Lebih baik #NikahSana

18. “Buat anak kok coba-coba? Yang belum nikah,
jangan coba-coba buat anak ya!” Lebih baik #NikahSana 

19. Mapan terus nikah, yah alhamdulillah. Belum mapan, nikah? Jg alhamdulillah.
Justru nikahlah yg memapankan.#NikahSana

20. 17 Agustus. Sang merah-putih segera berkibar-kibar.
Sang janur kuning apa kabar? Makanya #NikahSana 

21. Malam Lailatul Qadar udah diikhtiarkan.
Malam pertama udah diikhtiarkan? Makanya#NikahSana 


22. Catat ya. Menikah itu dianjurkan bersegera, bukan buru2. Bergegas,
bukan tergesa-gesa. Kalau siap, mending#NikahSana

23. Jomblo & galau melulu. Untung, hati itu buatan Allah.
Kalau buatan China, mungkin sdh hancur… Makanya #NikahSana 

24. Menikah itu membuka pintu2 rezeki. Allah yg nyuruh kita menikah,
Allah tentu bertanggung-jawab atas kita & rezeki kita.
Bismillah #NikahSana

25. Pantaskan diri, perbaiki diri. Itu cara terbaik menjemput jodoh.
Mendingan nikah dini daripada maksiat dini. #NikahSana

26. Bulan Ramadhan udah. Bulan Syawal ntar lagi.
Bulan madu kapan? Makanya#NikahSana 

27. Sahur sendirian? Sakitnya itu di sini *NunjukDada Semoga Ramdhan berikutnya,
sdh gak sendiri lagi. Aamiin. #NikahSana

28. Sholat? Ibadah sekian menit. Puasa? Ibadah sekian jam. Haji?
Ibadah sekian hari. Nikah? Ibadah seumur-umur! #NikahSana

29. Namanya jodoh, nggak ada yang tahu.
Tapi, tugas kita berniat & berusaha utk segera, nggak nunda-nunda. #NikahSana 

30. MENJOMBLO? Silakan, dengan niat menjaga diri & memantaskan diri…
Tapi, jangan lama-lama. Mending #NikahSana 

31. Cowok yang nggak berani melamar, cocoknya pake konde.
Kalau serius? Yah lamaran. #NikahSana 

*sekian*
yang belum Menikah silahkan coment...
smga mendapatkan Jodoh TERBAIK DUNIA AKHERAT...

BACA JUga kisah Cintaa Mengharukan..https://www.facebook.com/notes/345669228916909/

Mau NIkah,gak dapet-dapet jodohnya...LUCU ABIS..https://www.facebook.com/notes/280931452057354/

Maaf yg tdk berkenan di TAG untag saja yaa..okeyy

Kenapa doa ku belum terkabul ?



Assalamulaykum sobat muslim hari ni gue mau ngobrolin tentang doa ,

Banyak nih dari kita kalau mau jujur  kurang serius dalam doa karena saking hafalnya, pengalaman gua sih.  Dari habis sholat ngak tau artinya apa ? langsung doa aja tapi ngak pernah serius dalam berdoa dan kurang istiqomah juga.

Padahal berdoa itu sangat penting berdoa dengan membaca doa atau membacakan doa membunyikan doa itu sangat berbeda bro ..

Coba deh kita koreksi intropeksi diri muhasabah diri apakah kita sudah benar-benar serius dalam berdoa atau cuma buat formalitas menjalankan habit .. wangune kalo habis sholat ya doa .

Ngobrolin masalah doa ini keren loh bro doa itu adalah senjata , dan ibadah yang bisa mengubah takdir .

Doa adalah bentuk ibadah pengabdian kita sebagai makhluk ,  kita sebagai hamba yang sebenarnya ngak bisa apa -apa , bukan sapa sapa, ngak punya apa-apa, makhluk yg lemah bahkan saking lemahnya manusia itu ngak ada yang kuat ngak minum 1 minggu, ngak ada yang kuat nahan nafas 5 jam. Butuh orang lain, butuh udara, air, tanah, dan masih banyak lagi kebutuhan manusia . 

Ada yang bisa mengendalikan rasa kantuknya 3 hari saja ngak tidur, itulah manusia bro.

Doa itu juga perlu sunguh-sungguh dan serius , tunjukin donk kalau emang serius doanya 

mualai dari adab doa cari waktu-waktu paling makbul berdoa misa;l anatara adzan iqomah, pas jumat sore , habis tahajud dan sholat hajat, habis sedekah dan waktu-waktu lainnya.

Sebelum doa istigfar dulu mohon ampun atas kesalahan , siapa tahu gara-gara dosa , doa kita sulit terkabul, intropeksi diri sapa tahu ditubuh ada makanan haram, pakaian haram yang bikin seret rizki dll. 

Kalau kita mau minta bantuan  sama orang saja kalau kita masih ada salah kan ngak enak , kita minta maaf dulu donk. Habis minta maaf Allah dipuji puji lewat tasbih, tahmid, tahlil. sholawat nabi juga bro doakan kaum muslimin juga bro agar doanya ikut diaminkan malaikat.

eits  Doa saja ngak cukup harus ada usaha yang maksimal sunguh-sungguh (sempurnakan ikhtiyar ) tapi ingat keputusan ditangan Allah , Allah lebih tahu apa yang terbaik buat kamu, Allah tahu apa yang kamu perlukan bukan yang kamu inginkan . 

janagn kamu puji puji takdir baik lalu kau cela takdir burukmu, sapa tahu lewat kejadian buruk itu kamu jadi tambah kuat, sholeh , naik levelnya. Bisa jadi yang kamu angap baik belum tentu baik menurut Allah . 

Apapaun takdirnya terima aja pasti ada hikmah disetiap kejadian, jangan putus asa dalam doa dan usaha maksimal sampai tetes darah penghabisan.

Doa itu yakinlah pasti akan dikabul Tapi ada 3 cara Allah mengabulkannya berdasarkan AlQuran dan Sunnah 1.Langsung dikabulkan2.Ditunda di Akhirat kelak3,Diganti dengan yang lebih baik terbaik menurut Allah

Yakinlah sobat Allah itu maha besar pencipta langit dan bumi, miliknyalah semua jagad raya alam semesta ini bulan, bintang, matahari, hewan , tumbuhan. Mudah bagi Allah untuk kabulkan doa -doamu . Syaratnya ya kamu harus jadi orang yang bertqwa (bertauhid dan taat apa perintah dan laranganNya ) .

Jangan sekali sekali bergantung pada makhluk yang ngak bisa ciptakan apa-apa, bikin nyamukpun ngak bisa ? jangan bergantung pada manusia , uang, teman, keluarga, saudara  dll. Hanya Allah yang bisa beri kamu rizki haya A;llah yang bisa kabulkan doa doamu .

Semangat Berdoa hanya kepada Allah , spirit for better 

Sunguh-sungguhlah dalam doa dan sempuranakan ikhtiyar mu 
Jihad fisablillah 
  
Penulis : Rendra Visual – ketua Mdc Jogja (Muslim designer community ) , Designer Poobiz Wear International , Konsultan  DistroMuslim  ,Blogger Creative,  @RendraVisual 081931194193 – catatanrendra@gmail.com
rendra visual

Rabu, 24 September 2014

Mimpi Distro Muslim Indonesia


Distro dan clothing itu dua hal yang berbeda tapi banyak sobat muda yang mengartikannya sama haha gapapa. Bedanya dimana sih ? jadi gini bro kalo distro itu singkatan dari distribution store atau toko / shop yang berfungsi untuk ruang pamer produk produk clothing indie . 

Kalau clothing itu adalah produsen merchandise indie yang memproduksi kaos , topi, celana, jaket, stiker, pin, tas dan masih banyak lagi lainnya. 

Kalau ngobrolin tentang distro muslim nih ya sebenarnya peluangnya masih besar belum banyak brand - brand besar yang punya strore offline loh . 

Kebanyakan nih pada jualannya online maklum budjet bro gapapa sih ? tapi nih kesempatan baut temen-temen kalau mau mengembangkannya serius bangun distribusi jaringan tiap kota .

Misal mampir ke semarang , ke jakarta, bandung atau jogja belum pernah kan sobat muslim lihat store distro muslim yang gede banget  menjual mercandisekaos muslim .

Designer muslim juga semakin hari semakin banyak bertaburan, memang perlu adanya kolaborasi nih anatara desainer, konveksi / vendor, dan pemilik toko, pemilik modal, untuk bisa berkolaborasi melahirkan distro-distro muslim.

Saya sendiri masih punya impian suatu saat nanti kalau jalan-jalan ke indonesia atau didunia akan ada distro muslim disetiap kota . Keren kanz , Your T-shirt is Your Media ..

kaos itu bukanlah fashion biasa, kaos itu fashion simple dengan banyak kreatifitas di dalamnya. Bukan sekedar sandang tapi juga media penyebar pesan kebaikan. 

Impian gua juga insya Allah suatu saat nanti temen2 muslim bangga pakai kaos dengan pesan kebaikan ini. Dan bangga membagikan nasihat positif buat sobat2 muslim didunia . Berbagi cerita, berbagi nasihat kebaikan . Semangat kawan ayo bersama berasatu menuju kemenangan . spirit for better 


Penulis : Rendra Visual – ketua Mdc Jogja (Muslim designer community ) , Designer Poobiz Wear International , Konsultan  DistroMuslim  ,Blogger Creative,  @RendraVisual 081931194193 – catatanrendra@gmail.com
rendra visual