Selasa, 16 April 2013

Download kajian Radio KRPH - Mengaji bersama sang ahli



Radio KRPH
Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah memudahkan baginya dengan (ilmu) itu jalan menuju surga” HR. Muslim, No. 2699.
Berdakwah dijalan Allah Subhaanahu Wa Ta’aala tidaklah mudah.Tantangan dan rintangan pasti akan selalu ada. Bahkan Allah Ta’ala menjelaskan bagaimana perjuangan dakwah Nabi Nuh ‘Alaihissalam yang tidak mengenal lelah mengajak umatnya siang dan malam sebagai upaya untuk mengajak umatnya ke jalan Allah Subhaanhu Wa Ta’aala. Sebagaimana firman-Nya:
“Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan” (Nuh: 8)
Mengajak dan menunjukkan kebaikan pada saudara kita merupakan amal kebaikan yang punya memnfaat ganda, yaitu untuk dirinya dan juga orang lainnya. Yang mengajak dapat pahala dan yang diajak pun dapat pahala kebaikan ketika dia melakukannya, tanpa mengurangi pahala kebaikan yang mengajaknya. Begitu pula orang yang mengajak pada keburukan dia dapat dosa sebanyak orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa yang memberikan contohnya.
Dari Abu Mas’ud yaitu ‘Uqbah bin ‘Amral Anshari al-Badri r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barangsiapa yang memberikan petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah seperti pahala orang yang melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
Dalam hadits yang lain dijelaskan yang bersumber dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barangsiapa yang mengajak ke arah kebaikan, maka ia memperoleh pahala sebagaimana pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikitpun dan dari pahala-pahala mereka yang mencontohnya itu, sedang barangsiapa yang mengajak kearah keburukan, maka ia memperoleh dosa sebagaimana dosa-dosa orang-orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa-dosa mereka yang mencontohnya itu.” (HR Muslim)
Oleh karena itu ajaklah saudaramu kepada kebaikan, dan jangan mengajak saudaramu untuk berbuat dosa dan maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar