kaos muslim - DISTRO MUSLIM : sejarah distro muslim yogyakarta

Selasa, 30 April 2013

sejarah distro muslim yogyakarta


Distro Muslim Indonesia- Belum tau pasti kapan pergerakan distro muslim Indonesia dimulai tapi yang jelas distro muslim ini hadir di dengan nuansa baru pesan-pesan dan design  islami.

Tak banyak memang outlet distro islam di Indonesia dikota jogja misal hanya ada bebearapa saja salah satunya mujahidin distro yang sering juga mengadakan pameran bareng jogja islamic book fair atau pada event muslim fair.




Distro Muslim hadir ditengan  globalisasi menjamurnya distro dan clothing di indonesia yang banyak mengusung trend pop art, rock art, hard core,punk , emo, hip-hop,   musik- musik, tatto, alkohol, monster, dan pesan-pesan anti kemapanan, pesan-pesan pertentangan yang jauh dari gaya hidup islami.

Clothing distro juga banyak kaitannya saling mendukung dengan industri musik,  Mtv,  film, industri rokok, trend skate board, bmx, fixie , dan para pecinta musik indie.

Tidak bisa dipungkiri Industri kreatif distro memang banyak membawa perubahan pada style dan gaya hidup anak muda karena konsep distro yang indiependent mereka hanya memproduksi dalam jumlah sedikit dan sebagi marchandise band-band misalnya.

Sebenarnya konsep distro sangatlah bagus untuk mendukung perkembangan industri kreatif indonesia anak-anak muda jadi bangga juga pakai pakaian buatan anak bangsa dalam negeri sendiri  .

 

Tapi mungkin yang perlu diwaspadai masuknya  ideologi-ideologi yang merusak anak muda inilah yang harus ditanggulangi karena memang anak muda adalah aset berharga masa depan bangsa.

Karena jauh dari islam banyak anak muda kita terjebak dalam konsep gaul yang salah, salah kaprah karena kontruksi media yang begitu hebatnya sehingga membuat anak muda kita terlena dan lupa akan misinya sebagai anak muda muslim.

salah satu kenapa distro disukai anak muda karena designnya yang variatif dan konsep indie nya diproduksi cuma sedikit tiap designnya.

Cara menjual clothing marchandise ini juga unik lewat distro atau distribution outlet ada yang dengan cara kongsiyasi  ataupun dengan jual putus bila brand sudah kuat dan terkenal.



Walau belum banyak outel distro muslim diIndonesia cukup apresiatif juga dengan munculnya beberapa brand clothing muslim di Indonesia yang memulai pergerakannya dari dunia maya alias online dan memasarkannya lewat pameran maupun direct selling  misal Mecca, Sa’i Muslim Wear, Rezji, Mujahidin, Kavkaz, Sky System, Syaheeda, hijr Clothing, Animous Struggle, Barr Apparel,Obsesi anak sholeh,  Medina, Rafa, Oase Wear, Zirah Moslem, Shaf, Kharaci, Dzkir cloth,Saladin distro, Imos,dan masih banyak lagi clothing yang mulai bangkit dan mengembangkan sayapnya.

Dengan adanya asosiasi clothing muslim seperti ICU (Islamic Clothing United) juga membuat makin optimis saja bahwa kebangkitan clothing muslim akan segera hadir bersama sahabat muslim muda semuanya doakan saja agar dakwah melalui media kaos ini semakin berkembang dan dicintai anak muda .


DOWNLOAD E ZINE CLOTHING 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar