kaos muslim - DISTRO MUSLIM : Sejuta Pengalaman Rohis

Minggu, 19 Mei 2013

Sejuta Pengalaman Rohis



            Rohis, mungkin bagi sebagian besar kita sering mendengar kata ini. Sebagian lagi mungkin tahu artinya, atau ada yang anggota Rohis, dan mungkin ada yang tidak tahu sama sekali apa itu Rohis. Yak, disini saya akan membeberkan apa saja manfaat yang  telah saya dapatkan gara-gara Rohis. Nggak secara harfiah ada sejuta sih pengalaman saya di Rohis, tapi memang banyak pengalaman super luar biasa yang saya dapat di Rohis. Saya akan membaginya menjadi 3 hal. 1. Benci Rohis, 2. Ikut Rohis, 3. Fun with Rohis. Itu sebagian kecil saja dari banyak pengalaman saya di Rohis.
1.      Benci Rohis

Kok benci Rohis, katanya anggota Rohis. Bagaimana anggota kok benci organisasi sendiri.? Eits, jangan menilai dulu dari judulnya. Dulu, sewaktu saya belum bergabung dengan Rohis saya benci sekali dengan Rohis. Itu sewaktu kelas 1 SMA. Pikiran muda saya dulu, Rohis itu apa? 

Kegiatannya Tidak jelas, malas lihat anak2 Rohis. Kerjanya Cuma paling mintain infaq jum’at aja ke kelas-kelas dan kegiatan tidak jelas lainnya. Terus juga ada satu pikiran buruk  menyerang otak saya bahwa Rohis itu (maaf) Sesat. Astagfirullah. Itu memang pikiran buruk saya jaman masih labil. Dan saya masih membenci Rohis selama kelas 1 SMA. 

2.      Ikut Rohis

Ha, ikut Rohis? Ngapain sih, buang-buang waktu aja. Tidak ada manfaatnya? Acaranya aja Tidak jelas? Itu satu pikiran buruk lain yang menyerang saya ketika saya ingin bergabung dengan Rohis. Bagaimana bisa saya yang tadinya sangat benci dengan Rohis, kok mau bergabung dengan Rohis?. 

Itu semua bermula ketika saya berkenalan dengan teman saya, kelas sebelah yang ikut dengan Rohis. Dia mengajak saya untuk bergabung dengan Rohis, awalnya seingat saya dulu saya masih mikir-mikir. 

Gimana ya kalau ikut Rohis? Tadinya kan saya benci sekali sama Rohis? Kenapa saya mau bergabung dengan Rohis? Gengsi dong kalau bergabung.? Tapi, Allah telah menentukan jalan untuk saya. Saya berminat bergabung dengan Rohis. 

Dengan teman saya, saya masuk ke ruangan Rohis disamping masjid sekolah. Di ruangan itu sudah berjejer dari senior angkatan teratas hingga angkatan sebelumnya. 

Rasa berdebar-debar menghinggapi hati saya. Apalagi teman yang mengantar saya pergi karena ada urusan. Tinggalah saya di ruangan itu, tidak kenal siapa-siapa. 

Dan ketika acara dimulai, ada suatu perasaan aneh yang saya rasakan. Perasaan nyaman ketika berada disana. Acara dimulai dengan perkenalan dari saya yang anggota baru hingga seluruh anggota Rohis. Saya merasakan sesuatu yang baru, perasaan aneh yang menghinggapi saya.  

Saya senang ada di Rohis. Seolah ini adalah sesuatu yang saya cari selama ini. Saya seperti dalam keluarga ketika di Rohis.

3.      Fun with Rohis

Woow, sekarang saya secara langsung telah menjadi anggota Rohis. Yeah, saya merasa senang disini. Setiap harinya sepulang sekolah saya datang ke basecamp Rohis. Basecamp adalah tempat ruangan biasa anak-anak Rohis berkumpul. Walaupun tidak terlalu besar, ruangan Rohis sangat nyaman. 

Kami biasa berkumpul disana, ngobrol-ngobrol, ngerjain tugas, dan lain-lain sebagainya. Namun, Tidak Cuma nongkrong ngobrol-ngobrol dan ngerjain tugas aja. Ada banyak kegiatan asyik yang ada di Rohis. Misalnya acara-acara Rohis. Acara Rohis pertama saya adalah buka puasa bersama. 

Ada banyak tamu undangan yang hadir, tapi lebih berhubung ini acara Rohis tamu undangan yang hadir yaitu para Alumni Rohis angkatan pertama sampai yang baru lulus. Dan, saya didaulat untuk menjadi MC untuk acara tersebut. Waduh, saya bingung mau gimana, karena jarang sekali jadi MC. 

Apalagi ini banyak alumni lagi. Pikiran saya gimana nanti, kalau salah ngomong gimana, dan lain sebagainya. Tapi dengan semangat membara dan tekad membaja saya coba semua. Selang beberapa minggu saya bergabung, saya sudah mulai mencoba meminta infaq ke kelas-kelas. 

Tadinya saya sangat benci sama orang Rohis yang meminta infaq, sekarang saya sendiri yang meminta infaq. Rasanya sangat malu kalau mengingat saya sewaktu kelas 1 dulu. 

Tidak tahu tentang Rohis, sudah menuduh Rohis yang Tidak-Tidak. Sekarang malu sendiri akhirnya kalau diingat-ingat. Sudahlah, waktu biarlah berlalu. Sambut masa depan lebih baik. Sekian bulan di Rohis, saya mendapat banyak pengalaman yang luar biasa. 

Tadinya saya sebelum kenal Rohis, Tidak pernah berani ke jalan raya naik motor sendiri, semenjak ikut Rohis jadi berani malang melintang di jalan raya.

 Tadinya sebelum ikut Rohis saya Tidak berani bicara di depan kelas sendiri, saya jadi berani berbicara di depan semua kelas yang ada. Tadinya sebelum ikut Rohis Tidak pernah dikenal guru, semenjak ikut Rohis banyak juga guru yang kenal. Dan, entah keajaiban apa yang Allah berikan, saya ditunjuk untuk menjadi ketua Rohis Periode 2011/2012. 

Senang, bingung, galau, semua campur jadi satu. Memang Rohis dibawah kepemimpinan saya belum begitu baik, mungkin memang jiwa kepemimpinan saya yang kurang dan komunikasi dengan angkatan yang kurang baik, sehingga Rohis angkatan saya banyak masalah yang dihadapi. 

Tapi, semua itu tetap saya lakukan. Saya coba melawan ego saya yang hanya ingin mementingkan diri saya sendiri. Semenjak menjadi ketua, saya harus memikirkan nasib anggota dibawah kepemimpinan saya.

 Dan juga kegiatan-kegiatan Rohis harus tetap berjalan. Walaupun banyak program kerja yang tidak terlaksanakan. Manusia tidak ada yang sempurna, begitu pula juga dengan saya. Saya haya seorang manusia biasa yang berusaha menjalankan amanah yang diserahkan kepada saya. 

Dengan segala kekurangan saya, saya coba menghadapi itu semua. Hingga akhirnya, saya sekarang kuliah di perguruan tinggi saya sekarang, dan dengan jurusan yang memang saya suka. Semua itu mungkin saja tidak akan pernah terjadi jika saya tidak ikut Rohis. 

Allah telah menentukan jalan yang saya akan lalui, lewat Rohis inilah saya menjadi seperti saya sekarang. Mungkin kalau bukan gara-gara Rohis, saya masih tetap tidak berani bicara didepan umum, tidak berani kejalan raya naik motor, tidak berani menghadapi masalah, dan masih banyak lagi tidak bisa yang akan saya lakukan. So, Rohis Is The Best.
  
Nama: Muhammad Fajar Shidiq
STISI Telkom
 sorce : www.flippermagz.com 
Media inspirasi Pelajar Muslim Indonesia 
Dari Syaembara gara- gara Rohis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar