Sabtu, 18 Mei 2013

SKETSA Mentoring ! Mitra Membangun Generasi Masa Depan!



Sketsa adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Yogyakarta yang bersifat non-profit dan berdedikasi pada pembinaan dan peningkatan kualitas remaja dan pelajar. SKETSA! Mitra Membangun Generasi Masa Depan!

Sketsa awal mulanya didirikan oleh para aktivis dakwah sekolah yang merupakan alumni dari berbagai SMA dan SMK Negeri di Kota Yogyakarta. Namun sekarang disamping alumni, banyak dari kalangan pelajar yang turut bergabung dalam aktivitas dan kegiatan Sketsa.

Sketsa adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bersifat non-profit dan berdedikasi pada pembinaan dan peningkatan kualitas remaja dan pelajar, baik dalam kepribadian, akhlak, wawasan dan kompetensi. Sketsa merupakan wadah bertukar informasi, pikiran, dan gagasan bagi remaja, pelajar dan masyarakat yang berkaitan dengan perbaikan moral generasi muda Indonesia.

Tentang Sketsa :

1. Legal Formal, aktivitas yang dilakukan didukung oleh lembaga yang legal dan formal secara hukum serta dilakukan secara transparan
2. Islamic Solution, senantiasa menghasilkan ide, kreativitas, dn berbagai pemecahan masalah yang sesui dengan nilai-nilai Islam
3. Youth Orientation, selalu berfokus pada dunia remaja usia sekolah (SMP dan SMA/K sederajat)
4. Non Profit Oriented, adalah murni program sosial dan kemsyarakat
5. Future Minded, berusaha menyiapkan generasi muda menjadi pemeran utama perbaikan di masa depan.






Hingga saat ini SKETSA telah mengelola Mentoring/pendampingan agama Islam di 3 SMP, 3 SMK, dan 10 SMA Negeri (bekerjasama dengan Lembaga Alumni) yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Total jumlah pemuda yang mengikuti mentoring lebih dari 3000 orang.Visi SKETSA
Menjadi Pusat Pengembangan Potensi dan Kualitas Generasi Muda Indonesia

Misi SKETSA
Meningkatkan kualitas dan keilmuan serta menyebarkan nilai-nilai Islam dalam proses pembinaan dan pengembangan generasi muda muslim yang mempunyai wawasan dan komitmen keumatan dengan memperhatikan perkembangan zaman
Melaksanakan pendampingan, latihan, dan penyuluhan kepada remaja dan pelajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan ketrampilan mereka
Melakukan riset dan pengembangan organisasi untuk menemukan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi pelajar dan generasi muda
Membangun jaringan komunikasi dan menjalin kerja sama dengan masyarakat yang bersifat perseorangan dan lembaga pemerintah maupun swasta untuk mencapai tujuan lembaga.


Tentang SKETSA
Legal Formal, didukung oleh lembaga yang legal dan formal secara hukum serta dilakukan secara transparan
Islamic Solution, aktivitas yang dilakukan selalu menghasilkan ide, kreativitas, dn berbagai pemecahan masalah yang sesui dengan nilai-nilai Islam
Youth Orientation, selalu berfokus pada dunia remaja usia sekolah (SMP dan SMA/K sederajat)
Non Profit Oriented, aktivitas yang dilakukan adalah murni program sosial dan kemasyarakat
Future Minded, berusaha menyiapkan generasi muda menjadi pemeran utama perbaikan di masa depan

Kegiatan SKETSA

Dalam rangka mencapai maksud dan tujuan yang telah digariskan oleh Lembaga, maka Lembaga akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku dan mendapatkan izin dari pihak yang berwenang:
Mendirikan perkumpulan-perkumpulan remaja dan pelajar sebagai wadah untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dalam rangka ikut mengatasi persoalan-persoalan mereka.

Melaksanakan pendidikan dan latihan serta penyuluhan kepada masyarakat, khususnya remaja dan pelajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan ketrampilan mereka.
Menyelengggarakan kegiatan-kegiatan pendampingan kepada masyarakat, khususnya remaja dan pelajar, sebagai upaya meningkatkan kualitas mental keagamaan dan moral mereka.

Mengusahakan penyebaran informasi melalui penerbitan buku-buku, majalah, buletin, penerbitan berkala lainnya dan jaringan multi-media yang dapat meningkatkan pengetahuan dan penambahan informasi bagi masyarakat, khususnya bagi remaja dan pelajar.

Membuka ruang dan jaringan konsultasi agar dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya remaja dan pelajar.

Mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun lembaga-lembaga non pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas generasi muda.

Melakukan usaha-usaha penggalian dana yang dapat dijadikan sumber dana bagi terlaksananya kegiatan Lembaga secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung.

Event SKETSA

SKETSA beberapa kali mendapatkan kepercayaan dari berbagai instansi sekolah, Dinas Pendidikan, dan organisasi pelajar untuk mengelola kegiatan pembinaan dan pengembangan potensi dan kualitas generasi muda yang fun, fresh dan bersifat edutainment. Berbagai kegiatan yang pernah diselenggarakan SKETSA antara lain:

Festival Mentoring
Mentoring “Dakwah Sistem Langsung”, pendampingan konseling di beberapa sekolah mitra
Gerakan Cinta Shodaqoh (kerjasama dengan PKPU)
Ramadhan Ceria
Green School
SKETSA Goes To School
Training & Outbond
Students Goes To Research (kerjasama dengan Sagasitas)
Supermen (Super Mentoring — Training For Mentors)
Talkshow Nasional Pengurangan Resiko Bencana (kerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga)
etc…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar