Sabtu, 27 Juli 2013

TOLONG MENOLONG | Ummat Islam Bersatulah.


Bismillaahirrahmaanirrahiim, Buka Hati, Fikiran & Bacalah,

Allah Ta'ala Berfirman ;

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَتَعَاوَنُوا عَلَى اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. al-Maidah: 2).

Sesuatu yang terjalin antara sesama hamba, apakah itu berupa pergaulan sehari-hari, saling tolong-menolong dan persahabatan, maka semuanya wajib didasarkan pada niat untuk mencari ridha Allah dan taat kepada-Nya. Sebab hanya itulah tujuan kebahagiaan hamba. Jika mereka tidak mendasarkan semua hubungannya dengan sesama hamba untuk mencari ridha dan untuk taat kepada Allah, maka dia tidak akan pernah meraih kebahagiaan.” (Dalam kitab Zaad al-Muhajir Ilaa Rabbihi).

Setidaknya ada dua pelajaran berharga yang dapat kita peroleh dari penjelasan di atas:

Pertama, segala sesuatu yang kita kerjakan diawali dari niat. Kita tidak pernah lepas dari dua hal: taat kepada Allah atau berbuat maksiat. 

Kedua, hendaknya setiap muslim menyadari bahwa Islam tidak mengenal pemisah-misahan dunia dan agama (sekularisme), seperti halnya yang didengung-dengungkan dunia Barat. Islam adalah satu kesatuan yang utuh (integral), menyeluruh dan sempurna (syamil mutakamil). Paduan kata kebajikan (birr) dan ketakwaan (taqwa), sebagaimana diungkapkan ayat di atas, dengan jelas-jelas menggambarkan hal ini. Keduanya tidak bisa lepaskan satu dengan yang lainnya, seperti halnya iman-Islam, iman-amal saleh, fasik-maksiat, maksiat-keji, dan masih banyak lagi pasangan kata yang lainnya.

Marilah kita tambatkan ayat di atas dalam hati kita, dan menjadikannya sebagai bekal pengetahuan dalam menempuh perjalanan di dunia yang singkat ini, agar kita senantiasa tolong-menolong dalam kebajikan dan takwa, bukan tolong-menolong dalam dosa dan pelanggaran.

Cerdaslah Saudaraku.. Cerdaslah.. Mari saling mengingatkan & Bahu membahu.. Musuh kita nyata.. senyata dirimu..

Wallahu a’lam bishawab & Semoga Bermanfaat

✔--------------------------------------------------------------------->
Bray di Like ✔ Share ✔ Tag ✔ Comment ✔

Wassalam

Sunnah Poster


Tidak ada komentar:

Posting Komentar