Sabtu, 20 Mei 2017

Yang Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan

Assalamuallaikum wr.wb.
Temen-temen distro muslim, kita sebagai seorang muslim mempunyai kewajiban yang kalau kita tinggal kan mendapatkan dosa dan kalau kita kerjakan mendapatkann pahala yaitu puasa Ramadhan tuntunan dan cara-cara nya sih sama seperti puasa sunah. Namun yang  membedakannya adalah bualnnya dan kandungan di dalam bulan Ramadhan banyaknya keistimewaan yang sudah tertulis di Al quran . Berbeda sedikit dengan puasa sunah kalau puasa sunah di lakukan mendapat pahala kalau tidak juga tidak berdosa, ingat ya tidak berdosa bukan tidak apa-apa, kalau ada yang bilang tidak apa-apa salah.

Puasa Ramadhan adalah rukun Islam nomer 4, kita sebagai umat muslim tentunya sanggatlah wajib dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Karena yang namanya rukun itu wajib dikerjakan.

 Hal-hal membatalkan puasa dan menghilangkan pahala puasa sebagai berikut;
 Yang Wajib Menqodhonya:  
A. Makan, minumn merokok secara sengaja sangat wajib atas pelakunnya bertaubat.
B. Muntah di sengaja sangat wajib atas baginnya bertaubat, Nabi SAW bersabda " Barang siapa yang muntah dengan sengaja maka wajib baginnya mengqodho  shahih HR.HAKIM.
C. Yang membatalkan puasa serta wajib mengqodhonya dan wajib membayar kafarat yaitu IJMA (bersetubuh ) dan tidak ada selainnnya menurut mayoritas ulama.
kafaratnya yaitu membebaskan budak, apabila tidak ada budak maka berpuasa du bulan berturut-turut, apabila tidak mampu maka memberi makan enam puluh orang miskin.
Sebagian ulama membolehkan memilih salah satu.


Nah temen -temen distro muslim sudah tau kan, maka kewajiban kita juga menghindari kesalahan-kesalahan kita di bulam Ramadhan. jangan lupa kunjungi web kami di www.jogjadistromuslim.com


wassalamuallaikum wr,wb.






penulis : Antoro Budi Purnomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar