Jumat, 30 Maret 2012

Nasehat untuk anakku



Nasehat itu sangatlah penting kita sebagai orang tua tiada henti-hentinya harus menasehati dalam kebaikan agar anak kita tetap dijalan Allah swt dan punya bekal untuk menjadi anak sholeh. 
Allah swt secara khusus mengangkat dialog Luqman al-hakim dengan anaknya pada surat Luqman. Nasihat Luqman ini merupakan model dialog yang amat kaya dengan pesan spiritual. Di dalamnya terdapat pesan orang tua kepada anaknya untuk:
1.      Senantiasa bersyukur, berterima kasih kepada Allah atas segala karuniaNya;
2.      Tidak mempersekutukan Allah dengan siapapun: ikhlas dalam beribadah;
3.      Menghayati kasih sayang orang tua dan berterima kasih kepada mereka;
4.      Mengingat akan adanya hari di mana perbuatan sekecil apapun akan mendapat ganjaran dari Allah, Yang Mahalembut dan Maha Melihat;
5.      Menegakkan sholat dan menyuruh manusia berlaku benar dan mencegah mereka dari berbuat jahat (= konsep menegakkan kebenaran dalam diri dan menyeru orang lain);
6.      Menghindari sikap sombong, perilaku angkuh dan berbangga-banggaan, karena hal ini tidak disukai Allah;
7.      Bersikap sederhana dalam berjalan dan lemah lembut dalam bertutur kata (dua sikap sehari-hari yang menjadi cerminan keseluruhan karakter diri).
Jadi, perintah mengajarkan "tilawah" ini dapat kita maknai sebagai pengajaran nilai ajaran Islam sejak dini kepada anak-anak ini. Wa Allahu a'lam bish shawwab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar