Selasa, 27 Maret 2012

Ajari anak agar selalu bersyukur


Bersyukur atas segala nikmat akan membuat hidup menjadi tenang dan tentram , begitu banyak nikmat yang kita ingkari sebagai manusia membuat neraka didalam hidup kita sendiri, kalo mau dipaprkan banyak banget nikmat yang sudah kita terima yang kadang kita tak bersyukur dan ciderung kufur terhadap nikmat- Nya . 

Misal kadang kita mengeluh padahal kalo kita mau melihat kebawah masih banyak yang kurang berntung dari pada kita .

Sebelum engkau mengeluh tentang keadaan anak-anakmu, ingatlah akan seseorang yang begitu mengharapkan kehadiran seorang anak, tetapi tidak mendapatkannya.
Sebelum engkau mengeluh karena rumahmu kecil dan tidak sebaik yang diharapkan, ingatlah banyak gelandangan yang tinggal di jalanan.
Sebelum mengeluh tentang kondisi kendaraan yang engkau dimiliki saat ini, ingatlah orang lain yang tidak memiliki kendaraan sama sekali.

Nikmat  Kesehatan , nikmat iman, islam  adalah nikmat yang paling indah coba bayangkan saat kita mengeluh masih banyak yang punya harta tapi kena penyakit yang membuat dia dibatasi makannya, ataupun tidak bisa menikmati hartanya karena terbaring bayar sakit. 

Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kalian mengingkari nikmat-Ku. Hai orang-orang yang beriman, jadikankah sholat sebagi penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS al-Baqarah: 152-153)

sebagai orang tua udah seharusnya sejak dini kita ajarkan anak kita tentang bersyukur dengan apa yang dipunya bersyukur atas takdir Allah, dan tetap sabar bila dapat ujian sembari man jadda wa jada bersunguh-sunguh berusaha sekuat tenaga juga untuk merubah nasib misal. 

Doa anak sholeh itu amal jariah loh yuk mari kita didik anak kita agar jadi anak yang sholeh dunia akherat yang akan menyejukan kita didunia mapun ketika kita sudah mati.

Alah berfirman dalam QS.Ibrahim ayat 7 : "la in syakartum laa adziidanakum wa la'in kafartum inna azabi lasyadid" artinya "sesungguhnya jika (kamu) bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU) maka sesungguhnya azab-KU akan sangat pedih". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar